Friday, November 27, 2015

Visual Basic II

Materi Kuliah


1.1. Mengenal Microsoft Visual Basic 6.0
Bahasa basic pada dasarnya adalah bahasa yang mudah dimengerti sehingga pemrograman di dalam bahasa Basic dapat dengan mudah dilakukan. Hal ini lebih mudah lagi setelah hadirnya Microsoft Visual Basic yang dibangun dari IDE (Integrated Development Environment) untuk membuat bahasa yang sederhana dan mudah dalam pembuatan scriptnya (Simple Scripting Language) untuk grapich user interface dalam bentuk form sedangkan untuk codingnya menggunakan dialek bahasa Basic yang dikembangkan dalam sistem operasi Microsoft Windows.
Visual Basic adalah bahasa pemrograman berbasis Windows yang merupakan Object Oriented Programming (OOP), yaitu pemrograman berorientasi objek, Visual Basic menyediakan objek-objek yang sangat kuat, berguna dan sangat mudah dalam penggunaannya. Pemakaian Visual Basic ditandai dengan kemampuan Visual Basic untuk dapat berinteraksi dengan aplikasi lain di dalam sistem operasi windows dengan komponen ActiveX Control. Dengan komponen ini memungkinkan pengguna untuk memanggil dan menggunakan semua model data yang ada di dalam sistem operasi windows. Hal ini juga ditunjang dengan teknik pemrograman di dalam Visual Basic yang mengadopsi dua macam jenis pemrograman yaitu Permrograman Visual dan Object Oriented Programming (OOP).
Dalam penggunaan User-interface tidak akan menyadari bahwa di belakangnya berjalan instruksi-instuksi program yang mendukung tampilan dan proses yang dilakukan. Pada pemrograman Visual, pengembangan aplikasi dimulai dengan pembentukan user interface kemudian mengatur properti dari objek-objek yang digunakan dalam user interface, dan baru dilakukan penulis kode program untuk menangani kejadian-kejadian (event). Tanpa pengembangan aplikasi demikian dikenal dengan dengan istilah pengembangan aplikasi dengan pendekatan Bottom Up.
Silahkan download materi disini

0 comments:

Post a Comment

 

Happines, Positive, Creative Template by Ipietoon Cute Blog Design