Friday, November 27, 2015

Web-Programming


1.1. Dasar-Dasar Website
1.1.1. Internet
Internet merupakan “kependekan dari kata “internetwork”, yang berarti rangkaian komputer yang terhubung menjadi beberapa rangkaian jaringan”. Sistem komputer terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protocol. Secara umum internet dapat diartikan sebagai pertukaran informasi dan komunikasi. Semua informasi bisa didapatkan dengan mudah dan bebas di internet tanpa ada batasan.

Ada beberapa istilah yang sering digunakan apabila anda bekerja dengan internet diantaranya yaitu:
1. World Wide Web (WWW)
WWW merupakan kumpulan web server diseluruh dunia yang dapat menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan secara massal.
2. Website
Website atau situs web merupakan sebuah alamat tertentu di WWW yang menyediakan informasi tertentu. Untuk membuka sebuah situs web, anda dapat menggunakan browser.
3. Web Pages (Halaman Web)
Web pages atau halaman web merupakan bagian dari situs web, apabila situs web diumpamakan merupakan sebuah buku, maka halaman web merupakan lembaran-lembaran kertas penyusun buku tersebut.
4. Home Page (Halaman Muka)
Homepage merupakan halaman muka dari sebuah situs web, atau ibarat cover muka sebuah buku. Homepage biasanya berupa outline dari isi situs web yang bersangkutan.
5. Browser
Browser adalah aplikasi yang digunakan untuk berselancar didunia internet. Browser dapat memandu pengguna internet untuk berpindah antar situs web dengan mudah.
6. URL (Universal Resource Locator)
URL merupakan suatu alamat yang menunjukkan sebuah halaman tertentu internet. Contoh URL adalah: http://www.google.com
7. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
HTTP adalah bagian dari sebuah URL yang mengidentifikasikan lokasi web, dan digunakan dalam protokol HTML.
8. DNS (Domain Name System)
DNS merupakan sistem database terdistribusi yang tidak banyak dipengaruhi oleh bertambanhnya database. DNS menjamin informasi host terbaru akan disebarkan ke jaringan bila diperlukan.
9. TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol)
TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) merupakan metode-metode yang digunakan untuk menghubungi server. TCP/IP merupakan bahasa standarisasi untuk internet.
10. IP (Internet Protocol)
IP (Internet Protocol) merupakan protokol yang digunakan dalam internet, secara teknis bermakna suatu bentuk pengisian dan pengalamatan data-data dan informasi yang akan dikirim melalui internet.
11. Hyperlink
Hyperlink atau disebut link saja merupakan sebuah fasilitas yang sangat berperan mempopulerkan pengguna internet, karena mampu mereferensikan sebuah teks atau gambar ke alamat lain di internet.
12. Web Browser
Menggunakan web browser mudah, yang diperlukan hanyalah Anda harus memiliki alamat web yang akan dibuka. Alamat ini biasa disebut dengan Uniform Resource Locator (URL). Di dalam sistem operasi Windows Anda juga terdapat program web browser sertaan, yaitu Internet Explorer. Namun demikian diluar terdapat banyak program alternative web browser yang sebagian besar bersifat gratis, seperti Netscape, Firefox, Opera, Avant Browser, dan seterusnya.
Silahkan download materi disini...
disini...

0 comments:

Post a Comment

 

Happines, Positive, Creative Template by Ipietoon Cute Blog Design